KARUNG PLASTIK

Menyediakan berbagai macam karung plastik (woven bag): karung laminasi, karung beras, karung putih polos, karung transparan, karung cream & kuning, karung roll (layar).
* Menerima pesanan karung printing & sablon merk khusus (custom)

Untuk pemesanan produk hubungi kami:
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone/Fax:031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Mudah Budidaya Beras Merah

Cara Mudah Budidaya Beras Merah - Hallo sahabat Jual Karung Plastik, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Mudah Budidaya Beras Merah, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Budidaya Tanaman, Artikel jual karung roll, Artikel jual karung sak, Artikel jual karung sak bekas, Artikel jual karung samarinda, Artikel jual karung samsak, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Mudah Budidaya Beras Merah
link : Cara Mudah Budidaya Beras Merah

Baca juga


Cara Mudah Budidaya Beras Merah


jual karung plastik surabaya,jual karung plastik ukuran 50 kg,jual karung plastik warna,jual karung plastik   yogyakarta,jual karung polos,jual karung pupuk,jual karung rol,jual karung roll,jual karung sak
Budidaya Beras Merah

Beras merah merupakan salah satu jenis tanaman pangan yang bisa tumbuh dengan baik di Indonesia dan mengandung banyak nutrisi yang sangat tinggi. Jenis beras merah organik mempunyai keunggulan. Banyak peneliti yang menyebutkan bahwa beras merah memang kaya akan kandungan nutrisi, salah satunya yaitu protein, asam lemak tak jemu, beta sterol, isoflavon, saponin, Zn dan mevinolin-HMG-CoA. Oleh karena itu, beras merah yang dibudidaya dengan cara organik termasuk salah satu bahan pangan yang bisa memperbaiki gizi dan untuk menghindari beragam jenis penyakit pada manusia.

Berikut ini langkah-langkah dalam budidaya beras merah :

1. Menyiapkan lahan

Langkah pertama, bersihkan tempat yang akan anda pakai. Selanjutnya yaitu dengan menggemburkan tempat memakai bajak manual atau mesin pembajak/traktor untuk tempat persawahan yang luas serta memberi pupuk bokashi dan memberi kapur dolomite di tempat persawahan itu.

2. Pembenihan

Langkah yang kedua, pembenihan bisa dikerjakan dengan cara disemai, pilih bibit padi merah yang paling unggul, tapi anda bisa lakukan seleksi lagi sebelum menyemai benih ketika merendam bibit. Bila saat perendaman ada benih padi yang mengambang ambil dan buanglah.

*Baca Juga :  Jenis-Jenis Beras Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

3. Penanaman

Langkah yang ketiga, penanaman dikerjakan saat musim hujan. Anda bisa mulai menanam  bibit saat berusia kurang lebih mencapai 21 hari. Penanaman bisa anda kerjakan dengan system jajar legowo untuk mendongkrak hasil panen beras merah, dengan pola jarak 25cm 25cm 25cm 25cm 40cm arah utara selatan. Pada Arah Matahari terbit dari timur ke barat minimum 20 cm tergantung keperluan anda.

4. Pemeliharaan

Langkah yang terakhir, pemeliharaan dalam budidaya beras merah dengan cara organik bisa dikerjakan sama seperti yang anda kerjakan pada tanaman lain. Yakni pemberian pupuk pola organik, penyulaman, penyiangan, manajemen irigasi teratur sesuai dengan keperluan tanaman, pengendalian hama dan penyakit dengan cara organik, dan pemanenan.

- Penyulaman bisa anda kerjakan saat tanaman berusia 1-3 minggu sedangkan untuk penyiangan bisa anda kerjakan dengan menyiangi rumput yang tumbuh di sekitar tempat untuk budidaya beras merah.

- Penyiangan ini bisa anda kerjakan saat tanaman anda berusia 3-4 minggu. Pengendalian hama dan penyakit ini biasanya dikerjakan dengan bantuan pestisida tetapi kita harus memakai pestisida non kimia, dan hal seperti ini bisa anda kerjakan setiap 15 hari sekali. Sedangkan untuk penyemprotan pupuk organik cair bisa diberi tiap 5 hari sekali. Aplikasi pemberian pupuk cair dan pengendalian hama memakai pestisida organik yaitu selang 5 hari.

- Pemanenan Beras Merah

Pemanenan Beras Merah harus dikerjakan pada usia panen yang memenuhi persyaratan seperti berikut :

a. 90-95% gabah mulai tampak menguning
b. Mulai berusia 30 - 35 hari setelah berbunga
c. kandungan air gabah sebanyak 22-26%

Pemanenan Beras Merah harus memakai alat dan mesin yang memenuhi kriteria teknis kesehatan, ekonomis dan ergonomis. Alat dan mesin yang dipakai untuk memanen Beras Merah harus sesuai dengan type Varietas Beras Merah yang akan dipanen.

- Pengeringan 

Pengeringan merupakan sistem penurunan kandungan air pada gabah hingga mencapai nilai yang spesifik dan siap untuk di proses (digiling) atau aman untuk disimpan dalam kurun waktu yang lama. Pengeringan beras Merah dengan cara Penjemuran,
Penjemuran merupakan sistem pengeringan gabah basah dengan memanfaatkan cahaya matahari. Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, jadi penjemuran harus dikerjakan dengan menggunakan alas. 

*Baca Juga : Langkah-Langkah Budidaya Padi
 
Pemakaian alas untuk penjemuran saat ini sudah sangat berkembang.
Di bawah ini langkah-langkah penjemuran gabah basah :

a. Langkah Penjemuran Dengan Menggunakan Media Lantai

Lantai dari semen merupakan alas penjemuran yang paling baik. Permukaan lantai bisa di buat secara rata atau bergelombang. Dengan menggunakan media lantai, proses penjemuran jauh lebih mudah dan sangat murah.

b. Langkah Penjemuran Dengan Menggunakan Media Alas Terpal/Plastik 

Keuntungan dari menggunakan alas terpal/plastik yaitu mempermudah pengumpulan untuk pengarungan gabah pada tahap akhir penjemuran, mempermudah penyelamatan gabah apabila pada saat penjemuran, hujan turun secara tiba-tiba, bisa mengurangi tenaga kerja buruh di lapangan.


Demikianlah Artikel Cara Mudah Budidaya Beras Merah

Sekianlah artikel Cara Mudah Budidaya Beras Merah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Mudah Budidaya Beras Merah dengan alamat link https://karungplastik77.blogspot.com/2017/04/cara-mudah-budidaya-beras-merah.html

0 Response to "Cara Mudah Budidaya Beras Merah"

Posting Komentar

Price List (Daftar Harga)

Price List (Daftar Harga)
Price List (Daftar Harga)Karung Plastik silahkan klik BANNER di atas.